UPT Laboratorium Terpadu

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Sejarah UPT Lab

Kebutuhan akan lulusan dari institut teknologi di tingkat nasional terus meningkat, sementara itu Indonesia hanya memiliki dua institut teknologi yang diunggulkan, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Kapasitas keduanya saat ini sudah melebihi daya tampung maksimalnya. Oleh karena itu, ITERA hadir untuk memenuhi kebutuhan akan SDM yang unggul, berkualitas, dan menguasai IPTEK di Indonesia, khususnya di Sumatera. Presiden Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden meresmikan Insititut Teknologi Sumatera (ITERA) pada 6 Oktober 2014 di Bandar Lampung.

ITERA memiliki tujuan untuk memajukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut yakni menerapkan kebijakan organisasi tata kelola yang efektif, efisien, dan professional. Dalam pelaksanaannya, ITERA didiukung oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT), salah satunya adalah UPT Laboratorium Terpadu, yang diresmikan pada tanggal 02 Januari 2018. UPT Laboratorium merupakan lembaga yang bersifat mandiri bertugas melaksanakan pengelolaan laboratorium dan telah memiliki 13 laboratorium. Manajemen pengelolaan laboratorium secara terpadu saat ini mengacu pada Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) yang ada di Universitas Gadjah Mada yang bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi laboratorium ke arah yang lebih strategis, terpadu, dan kolaboratif.

Peralatan laboratorium yang canggih harus didukung dengan perawatan dan tata kelola laboratorium yang baik, sehingga kedepannya UPT Laboratorium Terpadu menjadi pusat layanan laboratrium yang unggul, professional, dan terkemuka dalam rangka melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi serta menjadi rujukan perihal pengujian dan kalibrasi alat laboratorium yang berstandar ISO 17025.2017. Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, UPT Laboratorium memiliki misi menyediakan layanan laboratorium pendidikan dan riset yang unggul dan berkontribusi pada pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Sumatera khususnya, dan Indonesia serta dunia melalui keunggulan laboratorium pendidikan dan riset terpadu.

Fokus pengembangan UPT Laboratorium Terpadu menitikberatkan pada laboratorium pendidikan dan riset serta Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau training. Pengembangan laboratorium pendidikan dan riset dilakukan dengan membangun gedung Laboratorium Teknologi 1 dan 2 dan melengkapi peralatan laboratorium, yang kemudian diimbangi dengan pelatihan kalibrasi alat bagi laboran. Sehingga kedepannya ITERA memiliki tenaga ahli kalibrasi yang tersertifikasi. Selain itu, penguatan manajemen UPT Laboratorium Terpadu juga dilakukan  dengan mengajukan laboran sebagai Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) yang memiliki jabatan fungsional.

Pengembangan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dilakukan dengan mengadakan program pelatihan komputer yang dilakukan setiap minggu. Adanya program ini merupakan implementasi dari penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diharapkan dapat membantu meningkatkan potensi sumber daya khususnya di wilayah Sumatera.

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)