UPT Laboratorium Terpadu

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Presentasi Alat Laboratorium dan Workshop Spektrofotometer UV Vis dan FTIR Oleh PT. Indotech Scientific


October 11th, 2018 | Posted by: admin


Presentasi Alat Laboratorium dan Workshop Spektrofotometer UV Vis dan FTIR Oleh PT. Indotech Scientific

 

Lampung Selatan, 11 Oktober 2018

 

Institute Teknologi Sumatera merupakan institusi baru yang terus berkembang dan maju untuk menjadi institusi yang diperhitungkan. Dalam prosesnya dibutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung untuk proses belajar mengajar, praktikum dan laboratorium yang memadai tidak luput dalam menunjang kualitas belajar mengajar di lingkungan kampus. UPT LAB yang memayungi setiap laboratorium yang ada dan menjadikannya laboratorium terpadu sangat butuh masukan, dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan laboratorium yang terintegrasi untuk menunjang pendidikan dan penelitian. Oleh karena itu UPT Lab bekrjasama dengan PT. Indotech Scientific yang lebih berpengalaman dalam bidang alat instrument laboratorium, dan berkesempatan mengunjungi ITERA untuk mempersentasikan alat/instrument laboratorium.

 

Indotech Scientific merupakan vendor alat-alat laboratorium dengan ruang lingkup produk laboratorium Kimia, Farmasi, Lingkungan, Biologi, dan Energi, dll, dan merupakan agen tunggal resmi Hitchi dari Jepang, yang telah berdiri sejak 2008 dan telah dipercaya untuk mensuplai alat-alatnya pada perusahaan atau institusi terkenal lainnya, seperti kalbe, indofarma, kimiafarma, dan telah dipercaya oleh university terkemuka, dan perusahaan perkebunan.

 

Pemaparan alat laboratorium dan workshop Spektrofotometer UV Vis dan FTIR berlangsung selama 2 jam, dimana dihadiri oleh Ka UPT Lab, Koordinator Laboratorium dan Laboran. Dalam sesi pemaparan dan memperkenalkan alat/instrument para peserta sangat menmperhatikan dengan seksama tidak ketinggalan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta tentang alat yang dipersentasikan, acara dilanjutkan dengan demo alat Spektrofotometer UV Vis dan FTIR dimana peserta berkesempatan mencoba dan memperhatikan cara kerja alat tersebut dimana penggunaannya semakin mudah dan hasil langsung dilihat pada tablet yang terkoneksi oleh alat tersebut.

 

Gambar 1. Proses pengenalan alat lab oleh PT. Indotech Scientific

 

Pada alat Spektrofotometer UV Vis hasil dari analisis alat tersebut dapat terkoneksi dan dilihat melalui lebih dari 2 PC/laptop sehingga dalam pembelajaran di laboratorium dosen dapat menjelaskan dengan baik kepada mahasiswa yang dapat mengakses hasil  Spektrofotometer UV Vis langsung pada PC masing-masing. sedangkan keunggulan dari FTIR adalah dapat digantinya tempat menaruh sampel sesuai dengan jenis sampel yang akan dianalisis.

Gambar 2. Proses demonstrasi alat Spektrofotometer UV Vis dan FTIR

 

Dalam kesempatan ini pula para peserta diajak untuk melihat lebih dekat dan  menggunakan Spektrofotometer UV Vis dan FTIR serta diberikan penjelasan tentang keunggulan dari alat tersebut. Kedepannya acara presentasi alat lab dari PT. Inditech Scientific sangatlah membantu para Koordinator Laboratorium dan Laboran untuk menentukan alat dan spesifikasi dalam merancang laboratorium yang segera akan direalisasikan sesuai dengan justifikasi dan okupansi antar program studi yang ada di ITERA.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)